Minggu, 08 April 2012

Daftar Istilah2 Asing yang Sering Di Gunakan di Dunia K-Pop

A:
Aigoo : Ekspresi untuk menunjukkan frustasi atau kelelahan, semacam ‘aduh’ kalau di Indonesia.
Age : Sistem usia Korea dimulai dari ’1′ saat lahir. Juga, terlepas dari tanggal lahir sebenarnya, orang2 dianggap setahun lebih tua segera setelah tahun baru dimulai.
Age Line: Diberikan untuk orang2 yang lahir di tahun yang sama. Contoh : Minzy, Sulli, Krystal, dan Jiyoung adalah dari 94-line.
All-kill : Saat lagu atau album artis meraih posisi #1 di semua situs download musik, seperti Melon, Dosirak, dan Soribada. Sebuah all-kill di chart harian (di hari perilisan baru) adalah normal untuk grup2 populer. All-kill di chart mingguan dan bulanan lebih sulit.
Anti-fan: Disingkat menjadi “Anti”, adalah seseorang yang menyatakan kebenciannya terhadap seorang selebriti.

B:
Bagel Boy/Girl : Cara untuk mendeskripsikan penampilan fisik seseorang. “Bagel” adalah kombinasi dari kata”baby face” dan “glamorous body”. Untuk pria, “glamorous body” diubah jadi “gladiator body”.

Banmal
dan joen-dae mal : Banmal adalah bahasa informal yang dipakai cuma dengan teman dekat atau lebih muda. Sangat tidak sopan saat digunakan untuk berbicara dengan seseorang yang lebih tua atau jika hubungan kekerabatan tertentu belum dibangun. Joen-dae mal sebaliknya, adalah bahasa percakapan formal.
Bias : Grup idola atau penyanyi atau salah satu member dari grup idola yang menjadi favorit di antara yang lain. Seorang fans K-Pop bisa jadi punya banyak bias, dan satu ‘ultimate bias‘ (bias utama). Istilah ini berasal dari bahasa Inggris yang berarti ‘cenderung’ atau ‘berat sebelah’, karena seorang fans tentu saja lebih memfavoritkan bias-nya daripada artis2 lain.
Big 3 : Nama untuk tiga label entertainment utama di dunia K-Pop : SM Entertainment, YG Entertainment, dan JYP Entertainment. Mereka sangat dominan di dunia K-Pop dan memiliki pendapatan mayoritas yang besar. Dengan perkembangan mereka saat ini dalam industri, Cube Entertainment seringkali ditambahkan, yang membuat istilah baru menjadi “Big 4”.

C:
CF : iklan komersial

Chuseok : Perayaan Festival Musim Panen, mirip dengan Thanksgiving di Amerika.
Chocolate Abs : Abs yang benar2 jelas seperti kotak2 coklat.
Collarbone : Secara harfiah berarti tulang selangka. Beberapa idola disukai karena collarbone mereka yang terlihat jelas/menonjol dan dikatakan seksi.
Comeback Stage : Performance pertama di sebuah program musik untuk promosi lagu title atau single. Tidak ada waktu tunggu minimum untuk melanjutkan promosi lagu title sebelumnya. Seorang artis biasanya memiliki sebuah performance comeback spesial di tiap acara musik. Dalam panggung itu, mereka biasanya diijinkan untuk menampilkan sebuah lagu kedua.

D:
Daebak : artinya “kemenangan besar”, “sukses besar”, atau sesuatu yang menakjubkan.

Daesang / Bongsang – Awards : “Bongsang” award diberikan kepada sejumlah artis2 top of the year, sedangkan “Daesang Award” cuma diberikan untuk artis terbaik of the year. Pada dasarnya, “Bonsang” adalah nominasi untuk memenangkan “Daesang”.
Digital Single : Lagu yang hanya tersedia untuk download online.
-Dol (-돌) : Versi singkat dari kata ‘idol’ dikombinasikan dengan kata2 lain untuk mendeskripsikan sebuah grup atau seseorang. Contoh : “beastly-dols,” “model-dols,” “fairy-dols.”
Dongsaeng (동 생) : Berarti “saudara yang lebih muda”, bisa merujuk pada saudara kandung, atau teman dekat yang kalian perlakukan seperti saudara yang lebih muda. Kata ini bisa digunakan untuk semua gender.
Dream Concert : Salah satu konser tahunan terbesar di Korea, dengan nama2 besar K-Pop tampil di panggung yang sama. Event ini berbeda dengan nama yang mirip, “Hallyu Dream Concert.”

E:
Eye-Smile : Karakteristik wajah yang populer dimana lengkungan mata membentuk bulan sabit saat tersenyum.
(Eye smile Tiffany)

F:
Fan-chant : Kata2 yang diteriakkan oleh fans untuk menyemangati penyanyi untuk lagu tertentu. Mereka membuatnya agar bisa menyesuaikan dengan irama. Mereka berteriak di sela2 bagian lagu saat lirik sedang tidak dinyanyikan sehingga tidak menganggu mereka bernyanyi. Fan-chants umumnya berisi nama2 penyanyi.

Fan Club : Fanclub resmi dan tak resmi dibuat agar lebih teratur dalam mendukung para artis. Aturan fanclub di Korea cukup rumit.

Flower Boy / Kkotminam (꽃미남)
: Pria yang secara fisik cantik atau feminin seperti wanita.
Kim Heechul, salah satu pria yang terkenal sebagai ‘flower boy‘

Full Album : Full album yang biasanya berisi selusin lagu. Trend saat ini adalah artis2 K-Pop merilis banyak single dan mini album sebelum merilis full album.

G:
Goodbye Stage : Performance terakhir di sebuah program musik sebelum mengakhiri masa promosi lagu.

Gummy Smile : Senyum dimana beberapa bagian gusi terlihat jelas.
Goo Hara KARA, Hyosung Secret, dan Euhyuk Super Junior yang terkenal dengan ‘gummy smile’-nya

Gwiyeopta (귀엽다) : Berarti cute, digunakan untuk menyatakan ekspresi gemas atau kagum atas sesuatu yang imut / lucu. Bisa juga dikatakan : ‘gwiyeowo‘.

H
Hallyu : Gelombang Korea. Suatu istilah untuk meningkatnya popularitas budaya Korea ke seluruh dunia.

Hanbok : Pakaian tradisional Korea. Umumnya dicirikan dengan warna2nya yang cerah dan garis2 sederhana tanpa saku. banyak idola biasanya melakukan pemotretan dengan mengenakan hanbok untuk Chuseok.
Hoobae (후배) : Seorang junior dengan pengalaman yang lebih sedikit daripada kalian dalam bidang tertentu. Umur bukanlah faktor penting di sini.
Hook Song : Frase lirik atau musikal yang menonjol dan mudah diingat. istilah ini umum digunakan untuk musik populer. Karena keseringannya digunakan dalam musik populer, orang2 banyak mengeluh bahwa musik pop itu terlalu berulang2.
Honey Thighs : Paha sempurna yang “manis seperti madu”.
(“Honey Thighs” UEE)

Hwaiting (화이팅) : Frase untuk menyemangati seseorang.
Hyung (형) : Berarti kakak laki2 dan digunakan secara khusus oleh laki2 kepada laki2 yang lebih tua.
Hyungnim (형님) : Cara sopan untuk memanggil ‘hyung’.

I
Idol : Istilah umum untuk entertainer K-Pop muda. Yang membedakan mereka dari ‘penyanyi2′ normal adalah mereka juga dilatih untuk melakukan hal2 lain seperti akting, menjadi MC, DJ, model, dan dance.

J
Jeongmal (정말) : Jika digunakan untuk kata tanya, artinya ‘Sungguh?’, ‘Benarkah?’. Bisa juga berarti sungguh, benar2. Contoh : jeongmal kamsahamnida (terima kasih banyak), jeongmal mianhae (sungguh2 minta maaf), dll

JYP : Park Jin Young, juga dikenal sebagai J.Y. Park. Pendiri JYP Entertainment.
JYP Nation : nama gabungan artis dari label JYP Entertainment.
Artis2 yang tergabung dalam JYP Nation

 K
Kkab : Berasal dari frase “kkab chi neun” yang berarti kalian sangat enerjik sampai2 menjengkelkan, dalam artian terlalu over. Kkab dance berarti kalian melakukan dance dengan gerakan2 yang lucu dan gila, menggerak-gerakkan seluruh tubuh dengan cara yang aneh dan benar2 lucu.
Photo: Jo Kwon yang dikenal dengan julukan ‘Kkab Kwon

 L
Lee Sooman: pendiri SM Entertainment. Saat ini dia menjadi ketua label tersebut.

Lightstick : Salah satu barang yang fans miliki sebagai ciri khas fandom dari grup atau penyanyi tertentu (baik yang resmi maupun hasil kreasi fans), berupa stick yang menyala dalam gelap, digunakan untuk menyemarakkan konser. Tiap grup idola memiliki bentuk dan model lightstick yang unik, khas, dan berbeda.
Photo: Beberapa contoh lightstick dari idola atau penyanyi K-Pop
(udah pada tau kan lightstick bias masing2 ? )
note : satu grup bisa memiliki berbagai lightstick lebih dari satu versi.

M
Makjang : Inti2 jalan cerita yang sering ditemui dalam kebanyakan drama Korea, seperti “Kejutan, ternyata kalian adalah saudara kandung!” atau rahasia kelahiran, penyakit kanker, kecelakaan mobil, ibu tiri yang kejam, dll.

Maknae (막내) : Member termuda dari sebuah grup.
Me2day : Jaringan sosial yang dibuat di Korea.
Milky Skin : Kulit yang halus, bersih, dan seputih susu. Sering disebut juga ‘porcelain skin’ (kulit yang mulus seperti porselen).
Mini Album : Biasanya berisi dua atau tiga lagu baru ditambah remix atau instrumental. Ini merupakan pertengahan antara perilisan single atau full album.
MR Removed : Lagu dimana musik2 latar dihilangkan sehingga hanya suara penyanyi yang terdengar. MR Removed ini bisa digunakan untuk mendengarkan seberapa bagus seorang penyanyi bisa tampil live.
Music Program : Mencakup acara2 seperti M! Countdown, KBS Music Bank, MBC Music Core, SBS Inkigayo, dan lain2. Selama mempromosikan lagu atau album baru, para artis ingin tampil dalam acara2 ini untuk mempromosikan perilisan terbaru mereka. MC dari masing2 program berganti beberapa kali dalam setahun. Jadwal2 tayang acara ini sebagai berikut :
Mnet M! Countdown – Kamis – 6:00 petang KST (sekitar 4.00 sore WIB). Pemenang = “Song of the week”
jTBC Music On Top – Kamis
KBS Music Bank – Jumat – 5.50 petang KST (sekitar 3.50 sore WIB). Pemenang = Tak ada batas kemenangan.
MBC Music Core – Sabtu – 3.50 sore KST (sekitar 1.50 siang WIB). tak ada pemenang mingguan.
SBS Inkigayo – Minggu – 3.50 KST (sekitar 1.50 siang WIB). Pemenang = Mutizen
MV : Music Video

N
Netizen : Gabungan dari kata ‘Internet’ dan ‘Citizen’. Bisa diartikan sebagai ‘warga dunia maya’.

NG : Adegan2 salah dari saat syuting atau rekaman video, sehingga perlu di-take ulang.
Neomu (너무) : Sangat atau benar2. Umumnya digunakan berpasangan dengan kata2 sifat, seperti : neomu yeppeo (sangat cantik), neomu gwiyeowo (sangat cute), neomu himdeureo (sangat sulit), dll
Noona, or Nuna  (누나) : 1. berarti kakak perempuan dan digunakan khusus oleh laki2 kepada perempuan yang lebih tua. 2. Pacar perempuan dalam sebuah hubungan, jika si perempuan lebih tua dari laki2.
Nunim (누님) : Cara sopan untuk memanggil ‘nuna.’
Noraebang : Karaoke

O
Oppa (오빠) : Berarti kakak laki2 dan digunakan secara khusus oleh perempuan untuk memanggil laki2 yang lebih tua. Bisa juga digunakan untuk memanggil pacar laki2 jika sang pria lebih tua.
Omona : Suatu ekspresi, semacam versi Korea untuk “Oh my God!”

P
Pepero Day : hari yang mirip dengan Valentine dimana orang2 bertukar Pepero. Perayaan ini jatuh pada 11 November karena tanggal itu mirip dengan 4 batang Pepero.
PV : Dalam J-Pop, digunakan istilah promotional video (PV), bukan music video (MV).

Q

R
Repackaged Album : Saat sebuah full album kembali dirilis dengan beberapa lagu title, ditambah lagu2 lain dan versi remix. Biasanya dirilis tak lama setelah promosi untuk lagu title pertama (dari full album) berakhir.
Rookie : Suatu grup atau penyanyi yang baru debut. Mereka biasanya membawa label ‘rookie’ (pendatang baru) selama satu tahun.

S
Sajangnim (사장님) : Berarti ‘bos, pemilik, atau presiden perusahaan’.

Samchon Fans : “Uncle Fans”. Mereka adalah fans dari seorang artis, walaupun di luar populasi utama khususnya para pemuda. Mereka umumnya dikenal dengan kemampuan belanja yang tinggi karena telah memiliki pekerjaan tetap.
Ssasaeng Fans : istilah untuk fans obsesif yang mengikuti selebritis favorit mereka sepanjang hari. Mereka mirip dengan penguntit (stalker).
Ssanti : konyol, memalukan, atau kocak. Dalam dunia K-Pop biasanya digunakan untuk mendeskripsikan style dance seseorang.
Selca : Gabungan dari kata “self” dan “camera”, yaitu foto2 yang diambil sendiri, biasanya dengan becermin. Para bintang cenderung memposting foto2 jenis ini di akun2 twitter atau me2day mereka.
S-Line (에스 라인) : Suatu istilah untuk mendeskripsikan figur wanita dengan lekuk yang indah.
SM Town : nama lain untuk artis2 yang tergabung dalam SM Entertainment. Juga menjadi nama untuk tur konser besar mereka yang menampilkan semua artis2 dalam label
Subunit: Grup lebih kecil yang dibentuk dari member2 sebuah grup yang lebih besar untuk perilisan musik atau suatu proyek.
Beberapa subunit yang terkenal :
Super Junior-M : Super Junior
Trouble Maker : Hyuna (4Minute) & Hyun Seung (BEAST)
Orange Caramel : After School
GD&TOP: Big Bang
Sistar19 : Sistar
Sunbae (선배) : Senior. seseorang dengan pengalaman yang lebih daripad kalian di bidang tertentu. Umur bukan merupakan faktor penting di sini. Contoh : Big Bang adalah sunbaes untuk 2NE1, walaupun Bom dan Dara lebih tua dari mereka. Dalam kondisi2 nonprofesional, Dara dan Bom adalah noona mereka.
Sunbaenim (선배님) : Cara yang sopan untuk menyebut ‘sunbae’.

T
Title Track : Lagu utama yang dipromosikan dalam sebuah album atau single. Lagu inilah yang akan dibuatkan MV dan dipromosikan dalam acara2 musik.

Trainee : Istilah untuk penyanyi/bintang selama tahun2 training mereka. Mereka disebut demikian sampai tiba saat debut resmi. Lamanya masa training bervariasi, tapi biasanya lebih dari 2 tahun. Keringat & Air Mata Menjadi Seorang Idola.
Triple Crown : Nama penghargaan saat sebuah lagu dari artis menang 3 minggu berturut2 di program2 musik M! Countdown dan Inkigayo. Lagu yang memenangkan telah ‘Triple Crown’ tidak bisa menang lagi, sedangkan Acara Music Bank tidak membatasi jumlah kemenangan. 

U
Ulzzang : Berarti “berwajah cantik/tampan”. Istilah ini biasanya dipakai oleh netizen untuk menyebut orang2 dengan penampilan menarik atau fotogenik. Di Korea bahkan diadakan kontes ulzzang, dimana para peserta yang umumnya berpenampilan biasa mampu berubah menjadi ulzzang yang cute mirip boneka hanya dengan trik2 make up.
Um Chin Ah (엄친아) : Frase yang disingkat, yang berarti ‘Anak laki2 teman ibu’. Merupakan individu2 yang para ibu akan sebutkan di depan anak laki2 mereka sendiri untuk dibandingkan (dalam hal sekolah, sikap baik, dll). Untuk anak perempuan istilahnya disebut ‘Um Chin Ddal’, kependekan dari ‘Anak perempuan teman ibu’.
UnitedCube : Nama konser yang diadakan oleh artis2 Cube Entertainment.
Unni (언니) : Berarti kakak perempuan. Digunakan oleh perempuan untuk memanggil perempuan yang lebih tua.

V
V-Line: Wajah oval ramping yang semakin meruncing mendekati dagu.

W
White Day : Dirayakan di Jepang dan Korea pada 14 Maret, sebulan setelah hari Valentine. Pada hari ini, laki2 membalas gadis2 yang memberi mereka coklat di hari Valentine. Bulan berikutnya, “Black Day” dirayakan oleh para single/jomblo.
YG : Yang Hyun-Suk, pendiri, pemilik, dan CEO dari YG Entertainment. YG = Yang Goon.
YG Family : Istilah untuk artis2 di bawah label YG Entertainment.




Artikel Terkait:

0 komentar:

Poskan Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Welcome ^^

 

My Zone :) Design by Insight © 2009