Selasa, 20 Maret 2012

Wajib Militer, Penghalang Karir Artis Pria Korea?

Korea Selatan memang sangat populer dengan industri entertainment mereka yang luar biasa besar dan dinamis. Tidak hanya para pelaku industri, bahkan pihak pemerintah Korea menganggap K-Pop adalah sebuah komoditas ekspor yang bisa membuat Korea Selatan semakin populer di mata dunia.

Boyband populer Korea seperti Super Junior, Big Bang, TVXQ, B2ST, 2PM, JYJ harus melalui proses yang luar biasa keras sebelum setenar dan sesukses sekarang. Namun, bagi para pria-pria tampan itu, ada satu hal yang kemungkinan bisa sedikit ‘menghalangi’ karir artis mereka. Yakni proses wajib militer (wamil) yang dilakukan pemerintah Korea Selatan.

Pemerintah negeri Ginseng ini mewajibkan para pemuda, tidak peduli kaum selebritis untuk ikut Wamil demi pertahanan nasional negara mereka. Berikut beberapa syarat wamil di Korea:

1. Merupakan warga asli Korea Selatan
2. Berusia 20 – 30 tahun
3. Tidak memiliki gangguan kesehatan kronis
4. Mau ditempatkan di mana saja
5. Bukan anak tunggal, anak tunggal tidak wajib untuk ikut
6. Bukan satu-satunya anak laki-laki, jika dalam satu negara ada saudara lelaki, maka tidak wajib ikut wamil
7. Lolos tes waktu ikut ujian militer (AU, AL, AD, atau ikut dalam pasukan Amerika yang menjaga perbatasan Korsel – Korut)

 

Apabila seorang pemuda Korsel bersedia mengikuti wamil, maka dia harus bersedia mengikuti pelatihan selama 5 minggu dan 2 tahun setelah itu. Sehingga, banyaknya artis K-Pop yang menunda wamil lantaran dianggap mengganggu karir keartisan mereka.

Boyband Shinwa yang akan melakukan comeback dunia musik pada 23 Maret 2012 cukup lega, lantaran ketiga personelnya, Andy, Jun Jin dan Lee Min Woo sudah menyelesaikan wamil merekadan keluar pada akhir 2011 serta awal tahun ini.

Sementara itu, boyband populer Korea lainnya, Super Junior juga bisa tenang lantaran Kangin (27 tahun) akan keluar wamil pada April 2012, namun ELF di seluruh dunia belum bisa tenang lantaran Heechul (29 tahun) baru saja masuk wamil pada September 2011, sehingga kemungkinan baru keluar pada tahun 2013. Meskipun Heechul tidak menjadi wamil sebagai tentara seperti Kangin, yakni sebagai petugas kantor pelayanan publik, Heechul tidak diperbolehkan mengikuti seluruh kegiatan keartisannya.

Tidak hanya harus menanti Heechul. ELF juga harus mempersiapkan hati jika leader mereka, Leeteuk dan vokalis utama Super Junior, Yesung akan berangkat wamil. Leeteuk (29 tahun) dan Yesung (28 tahun) memang dirumorkan akan berangkat wamil pada akhir tahun ini. Praktis member utama SuJu akan hanya bersisa 8 orang.

Bukan hanya ELF yang bersedih, dikabarkan personil JYJ, Kim Jaejoong (26 tahun)juga harus mengikuti wamil pada Oktober tahun ini setelah pada September 2011 dirinya memutuskan menunda wamil lantaran kesibukan luar biasa JYJ. Penundaan wamil bukan kali pertama di Korea, penyanyi populer semacam Rain (30 tahun) baru melakukan wamil pada tahun lalu lantaran dirinya mengaku sangat sibuk dengan urusan karir. Selain Rain, aktor Hyun Bin (30 tahun) saat ini juga sedang melakukan wamil dan mungkin akan keluar pada akhir 2012.

Bintang Hallyu lainnya, Lee Jun Ki (30 tahun) yang keluar wamil pada 16 Februari 2012 bahkan sudah sukses menggelar fan meeting usai wamil, kini dirinya dalam persiapan comeback untuk perilisan album Jepangnya, DEUCER dengan single Together. Jadwalnya di bulan Maret ini bahkan sudah penuh dengan fan meeting di Jepang dan Osaka.

Jadi, meski wamil merupakan sebuah kewajiban yang terkadang membuat artis pria Korea berpikir bisa menjadi penghalang karirnya kini bukan menjadi masalah lagi. Popularitas K-Pop di dunia yang semakin besar membuat ribuan penggemar mereka bersedia menunggu. Lantaran seorang idola yang memiliki banyak fans dan sudah menghasilkan karya yang luar biasa, akan selalu ditunggu oleh fans setia mereka. Selain itu ada sebuah pendapat yang menyatakan bahwa pria-pria Korea yang sudah menjalani wamil akan tampak semakin dewasa dan semakin keren. Sehingga mencuri hati penggemar bukan masalah bagi mereka.

Nah, jika wamil Korea ditetapkan di Indonesia, apakah kalian setuju vokalis-vokalis band, penyanyi solo pria, sampai aktor-aktor kita mengikutinya?


Credit : aia– kapanlagi.com
Posted by : minozone.blogspot.com



Artikel Terkait:

0 komentar:

Poskan Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Welcome ^^

 

My Zone :) Design by Insight © 2009