Rabu, 14 Desember 2011

Korea Selatan fenomena Menaklukkan Dunia!

Sedikit saran buat yang mau baca, mending kalian ke dapur ambil minuman ama cemilan trus pastikan tempat duduknya empuk karena baca postingan ini akan memakan waktu yang lumayan lama, secara panjang sangat. Kalau capek baca ditengah perjalanan, silahkan save pages ini trus lanjutkan kalau kalian ada waktu lagi, ga masalah kok. Kalo gitu silahkan monggoh.


Super Junior
Fenomena Korea Selatan menaklukkan dunia

Oleh Lilian Fernandez, siswa jurnalis (Federal University of Goias, Go, Brazil) dan staff HatoBR yang mempelajari semua hal tentang boyband Korea pada saat itu.

Asia didominasi oleh lautan biru safir. Itu adalah warna milik ELF (EverLasting Friends), fan club resmi Super Junior, grup dari Korea Selatan yang memulai tur Asia ketiga mereka – Super Show 3. Setelah mengamankan diri sebagai idola Asia dan seluruh dunia dengan hits seperti “Sorry Sorry”dan “Bonamana”, Super Junior menguatkan diri mereka sebagai fenomena dan menduduki posisi puncak berbagai chart musik, menjadi nomor satu sebagai artis dengan dengan penjualan terbaik di tahun 2010.

Dibalik kesuksesan 13 pria dan 5 tahun perjalanan mereka yang ditandai dengan banyak kemenangan, tapi juga saat-saat menyedihkan, tekanan dan kontroversi. Untuk mencapai puncak, Super Junior belajar bagaimana mengatasi kecaman dan rintangan, selalu berfikir untuk memberikan yang terbaik bagi penggemar di setiap penampilan mereka. Akan ada mereka-mereka yang kesulitan memahami Super Junior, tapi setelah mengikuti sejarah bagaimana grup ini terbentuk dengan berbagai kepribadian dan bakat, akan menjadi lebih mudah untuk mengerti kenapa mereka menjadi sebuah fenomena tidak hanya di Asia, tapi juga di seluruh dunia.


Dari Leeteuk ke Kyuhyun: bagaimana semuanya dimulai
Pada November 2005, Super Junior 05 debut dengan single pertama mereka Twins (Knock Out), yang juga merupakan nama album dirilis oleh SM Entertainment. Dipimpin oleh Leeteuk, grup pada awalnya terbentuk juga oleh Heechul, Hankyung, Yesung, Kangin, Shindong, Sungmin, Eunhyuk, Donghae, Siwon, Ryeowook, dan Kibum.

Taruhan SM Entertainment untuk membuat grup tersebut adalah, disamping menyanyi dan menari, bisa juga melakukan berbagai macam bentuk hiburan, karena grup ini terbentuk juga oleh aktor, komedian, model, DJ dan pembawa acara TV. Grup ini tidak memiliki bentuk tetap, dan secepatnya beberapa member dari Super Junior 05 akan keluar dan memberikan ruang untuk member Super Junior 06.

Setelah menunjukkan sisi “keras” mereka dengan Twins, Super Junior 05 mempromosikan lagu Miracle, menunjukkan pada publik sisi manis dan menyenangkan dari grup ini. Dengan Miracle, boyband ini menjangkau perhatian dari anak-anak sampai orang dewasa dan memimpin rank di Korea dan luar negeri.

Pada Mei 2006, ketika semua orang menantikan pengumuman formasi baru grup, SM Entertainment secara mengejutkan menyatakan kalau Super Junior 05 kemudian hanya akan disebut “Super Junior”, grup tetap dengan anggota 13 orang. Dan juga memperkenalkan maknae (yang paling muda) dari grup, Kyuhyun, yang bergabung dengan Super Junior untuk mempromosikan single terbaru U.

Dan dengan U Super Junior menggabungkan diri mereka dalam dunia kompetisi entertain Korea Selatan. Disamping menerima berbagai penghargaan dalam program musik seperti SBS Inkigayo untuk lagu terpopuler, Super Junior juga menjuarai Pendatang Baru Terbaik untuk MEMF tahun 2006, salah satu penghargaan penting di Korea Selatan.

Penghargaan ini menandakan karir Super Junior tidak hanya menjadi yang pertama, tapi juga sukses mengakhiri panandaan akhir tahun tidak hanya dengan kesuksesan grup, tapi juga kejadian menyakitkan seperti kematian ayah Donghae dan insiden yang keras menghantam Heechul.

Yang terakhir, bagaimanapun juga, ini tidak hanya sekedar sebuah kecelakaan mobil yang mengguncang kehidupan anggota Super Junior. Pada April 2007, ketika mereka sedang mempersiapkan perilisan album kedua mereka, semua rencana menepikan Leeteuk, Shindong, Eunhyuk, dan Kyuhyun ke dalam penderitaan sebuah kecelakaan yang membawa mereka ke dalam resiko hidup-mati si member termuda Kyuhyun.

Setelah berangkat dari perpindahan acara Super Junior Kiss the radio (Sukira), kendaraan yang membawa member dan staff kembali ke dorm terguling di jalan. Shindong dan Eunhyuk menderita sedikit lebam dan bisa keluar dari rumah sakit tidak lama kemudian. Leeteuk mengalami luka goresan pada wajah dan punggung, disebabkan goresan kaca yang mengenainya saat kejadian. Tapi Kyuhyun, yang berada tepat dibelakang tempat duduk supir, terlempar keluar dari mobil dan mengalami retak tulang yang parah.

Dengan banyak tulang yang patah, kebocoran paru-paru, dan retak tulang panggul, Kyuhyun mengalami koma dan berada di ruang ICU selama beberapa hari. Tahun lalu, Kyuhyun sendiri menyatakan di sebuah acara TV kalau kesempatannya untuk bisa bertahan hanyalah 20%. Dengan campur tangan sang Ayah, yang melindungi Kyuhyun dalam melewati tracheotomy, menjamin anaknya untuk bisa bernyanyi setelah pulih dari kecelakaan, dan dorongan member lain, Kyuhyun perlahan pulih dan keluar dari rumah sakit bulan Juli, hampir 80 hari setlah kejadian. Dia pulih sedikit demi sedikit sampai akhirnya dia bebas untuk tampil kembali dengan Super Junior.




Wonder Boys
Ketika Kyuhyun memulihkan diri dari luka karena kecelakaan, Super Junior menunda persiapan album kedua mereka. Bulan Juli, grup merilis single “Happiness / Haengbog”, cover untuk lagu yang dirilis oleh grup H.O.T dari SM Entertainment tahun 90an. Lagu ini adalah bagian dari projek Sm Town, dimana yang tergabung dalam rekaman adalah artis-artis SME.

Setelah kecelakaan, 12 member juga mendedikasikan diri mereka dalam projek terbaru, film pertama grup ini. Pertunjukan perdana film “Attack on the Pin up Boys” di bioskop Korea Selatan tahun 2007, dan Super Junior merilis sountrack mereka sendiri dengan single “Wonder Boys”.

Dalam cerita yang dibintangi 12 member Super Junior tercipta serangan misterius pada pelajar populer dari sekolah-sekolah di Seoul. Setelah menjadi subjek pembicaraan di internet, Kibum memutuskan untuk menyelidiki kasus dan menduga korban selanjutnya dari Sekolah Menengah Neulparan, dimana dia bersekolah. Diantara korban yang mungkin adalah Ketua siswa (OSIS di Indoensia), Siwon; Ketua klub dance, Heechul dan kapten tim judo, Kangin.

Dengan humor yang menjadi khas Super Junior, film ini didasarkan pada kecaman dalam memandang idola secara keseluruhan. Walaupun ini tidak sukses di publik, tetapi film menerima pujian dan kesuksesan dalam penjualan DVD. Diantara banyak kejutan akting dari Sungmin, Donghae dan Ryeowook, yang tidak hanya memerankan asisten Siwon, tapi lehatlah ke belakang pada Leeteuk yang memerankan karakter panda, yang tergambarkan tidak hanya sekedar maskot sekolah.

Dengan Kyuhyun yang sebagian sudah pulih dan berakhirnya promosi film serta single, Super Junior menjalani hiatus sebentar untuk membawa penggemar pada album kedua.




Don’t Don
Pada 20 September 2007, setelah lebih dari setahun single U rilis, 13 member Super Junior bersatu kembali untuk merilis album kedua yang banyak ditunggu-tunggu, berjudul Don’t Don.

Para member melakukan perubahan besar, dengan potongan rambut berani, tato dan pakaian yang menunjolkan sisi maskulin mereka. Ini bisa jadi tidak banyak perubahan, judul album, Don’t Don, memiliki ritme dan pesan kuat, dengan pengaruh dari aliran rock, R&B rap dan hip hop.

Album, secara keseluruhan, menjunjukkan bahkan dengan jumlah member yang patut dipertimbangkan, Super Junior mampu menghasilkan kualitas dalam harmonisasi lagu, seperti ballad “Marry U”, “Endless Love” dan “Disco Drive” yang riang gembira serta “Thank You” yang menyingkap cara bernyanyi acapela dari membernya.

Don’t Don menjadi bestseller dan memecahkan rekor tidak hanya di Korea Selatan, tapi juga Jepang, Cina, Filipina, dan negara lain. Sekali lagi dukungan dari penggemar, Super Junior menjadi satu artis yang paling disambut tahun 2007. Promosi Don’t Don diakhiri dengan “Marry U”, menawarkan kebahagiaan pada penggemar dengan merasakan bagaimana idola mereka melakukan propose (melamar, red) dalam setiap performance.

Ini selama promosi Don’t Don dimana Super Junior membintangi program acara Exploration of the Human Body (EHB). Bersama pembawa acara Shin Dongyup, member Super Junior membongkar beberapa cerita yang dianggap hanya isapan jempol dan menemukan bagaimana cara tubuh bekerja. Dengan 13 member, EHB menjadi hit di TV dan menerima banyak pujian. Sekali lagi, humor Super Junior adalah khas mereka. Banyak penggemar masih berharap kalau SBS akan memproduksi season kedua untuk acara ini.

Dengan berakhirnya promosi Don’t dan EHB, Super Junior mempersiapkan diri mereka untuk tur Asia pertama – Super Show. Antara Februari 2008 dan Maret 2009, Super Junior melintasi Korea Selatan, Cina dan Thailand, memberikan saat-saat tak terlupakan untuk penggemarnya.



“Sorry Sorry” sebuah fenomena
Walaupun terlibat dalam tur, projek individu dan subgrup, Super Junior mendedikasikan diri mereka untuk memproduksi album ketiga mereka. Produksi album diumumkan Juli 2008 dan sejak saat itu member memberikan update kepada penggemar melalui internet tentang rekaman dan persiapan untuk kembalinya grup. Ini meningkatkan rasa ingin tahu setiap orang, membangkitkan harapan besar dalam hal konsep baru seperti apa yang akan Suju hadirkan.

Pada maret 2009, dengan image dewasa dan elegan, Super Junior kembali dengan hit terbesar yang mungkin menjadi pertimbangan dalam karir boyband “Sorry Sorry”. Album rilis dalam dua versi, A dengan konsep foto urban dan lebih kasual sedangkan B menyatukan member dalam pakaian formal. Dengan 11 lagu, album ini menjadi salah satu album paling banyak terjual tahun 2009 den membangun popularitas Super Junior ke level yang mengesankan.

Lagu “Sorry Sorry” adalah lagu pop yang asik buat dance, dengan irama elektronik yang kuat, suara buatan dan koreografi dinamis. Lagu ini diciptakan oleh Yoo Youngjin (yang juga menciptakan Don’t Don) dan koreografi oleh Nick Bass, yang juga bekerja dengan artis seperti Justin Timberlake dan Usher. Dengan ini, Super Junior menjangkau ke seluruh publik, dari anak-anak sampai orang dewasa, dari polisi ke pebisnis Korea sampai pebisnis Filipin, semua orang tahu dance step dan chorus lagunya, ditandai dengan pengulangan kata “Sorry” dan “Shawty” pada ujung lidah.

Album ketiga menunjukkan kedewasaan Super Junior. Sesuaid engan sang pemimpin Leeteuk, “Sorry Sorry” adalah album yang mencerminkan gaya Super Junior. gaya pop yang menandai kerja mereka sebelumnya memberikan pengembangan untuk R&B dan lagu yang mengeksplore vocal grup dan harmoni yang labih baik. Melanjutkan promosi “Sorry Sorry”, versi C dirilis, sebuah album repackage, berisi lagu baru “Neourago (It’s You). Selain It’s You, versi C juga dimasukkan 4 tambahan lagu, termasuk “Love U More”yang di ciptakan oleh Ryewook dengan lirik dari Sungmin. Ketika kesuksesan promosi album ketiga berakhir sukses, pada Juni 2009 Super Junior mempersiapkan tur Asia kedua mereka, Super Show 2.


2009, tahun kontroversi
Di satu sisi tahun 2009 membawa Super Junior dalam kebahagiaan, kemenangan dan pengakuan, tapi disi lain itu adalah tahun yang ditandai dengan banyak kontroversi. Karena dari awal promosi untuk album baru, Kim Kibum sudah absen. Banyak spekulasi yang bermunculan, dan sebagai respon SM Entertainment memberikan informasi bahwa meski dia berpartisipasi dalam pembuatan MV Sorry Sorry dan It’s You, Kibum mungkin akan menjauh dari kegiatan promosi untuk mendedikasikan dirinya dalam belajar akting dan karir aktingnya.

Perusahaan bahkan mengumumkan kalau Kibum akan mempersembahkan sebuah pertunjukan besar di tur Asia kedua, tapi dengan cepat diberitakan karena luka pada kaki Kibum tidak bisa memberikan pertunjukan di tur Asia kedua. Dengan ini, penggemar tidak bisa mengikuti kegiatannya sampai akhirnya September, ketika potongan gambar untuk film-nya “Jumunjin” rilis, dimana Kibum menjadi pemeran utama.

Ketidakhadiran Kibum menjadi salah satu masalah Super Junior di tahun 2009.

Kangin, yang dikenal sebagai salah satu member paling berkarisma di grup, terlibat dalam dua skandal yang mengguncang karir grup. Pada September, Kangin terlibat dalam perkelahian di sebuah bar dan dituduh melakukan penyerangan. Kejadian ini dengan hebat menurunkan image dan kehidupan Kangin.

Ketika paling tidak masih ada harapan, semua orang kembali dikejutkan dengan berita yang lebih buruk. Pada 16 Oktober, kangin menyebabkan kecelakaan lalu lintas dalam keadaan mabuk dan melarikan diri dari tempat kejadian (DUI dan menyerang kemudian kabur).

Konsekuensi untuk tindakan ini sangat berat. Setelah meminta maaf ke publik dengan menerbitkan surat permintaan maaf secara online, SM Sntertainment mengumumkan kalau Kangin akan ditangguhkan sampai akhir tahun, dengan ini dia tidak ikut serta untuk semua kegiatan grup sampai 2010.
Pada Desember, ketika semua orang berfikir kalau 2009 tidak akan ada skandal lebih buruk yang berhubungan dengan kpop, Super Junior mengalami pukulan keras, penggemar di seluruh dunia terkejut dengan mendapati Hankyung, satu-satunya member Cina di grup, mengajukan gugatan melawan SM Entertainment untuk mengakhiri kontraknya dengan perusahaan. Pembenaran hangeng dalam hal kesehatan dan pembayaran yang tidak adil.

Tanpa Kibum, Kangin dan Hankyung, Super Junior mengakhiri penyambutan akhir tahun dengan “Sorry Sorry” yang menerima penghargaan album terbaik 2009.


Super Junior di twitterland
Meski dengan semua masalah, semua harus tetap berjalan. Dan dengan ini, Super Junior menjadi tau lebih baik dari orang lain. Tahun 2010, dengan 10 anggota, mereka melanjutkan aktivitas mereka dan mengakhiri, di bulan April 2010, tur Asia kedua mereka, Super Show 2. 10 kota dikunjungi dalam 9 bulan, dan bahkan setelah kemunduran yang mengguncang susunan grup, penggemar tetap lanjut memberikan dukungan mereka pada Suju dan secara beramai-ramai menghadiri acara, membuat tur berakhir dengan sukses.

Dan 2010 dimulai dengan berita bagus untuk penggemar Supr Junior. Di January, Kim Kibum kembali ke media mempromosikan filmnya “Jumunjin”. Pada penayangan perdana filmnya, Heechul, Leeteuk dan Changmin DBSK hadir untuk menunjukkan dukungan mereka pada Kibum, dan setelahnya dinyatakan kalau dia tidak pernah berfikir untuk meninggalkan Super Junior, yang baginya merupakan keluarga, dan keikutsertaannya pada kegiatan grup tergantung pada perusahaan, SM Entertainment.

Masih di Januari, penggemar international mendapatkan kabar yang sangat bagus. Setelah banyak spekulasi dan ketakutan yang kemungkinan adalah profil palsu, semua orang menerima pernyataan Shindong yang bergabung dalam Twitter (@sshinsfriends).

Dengan cepat Shindong menjadi artis Korea paling banyak di-follow di twitter. Mungkin membutuhkan waktu, tapi secepatnya Shindong membangunkan rasa ingin tahu member lain dan satu persatu mereka bergabung dalam “@s”. Setiap konfirmasi profil baru, member baru Super Junior masuk menjadi trending topic, beberapa kali bertahan di posisi puncak menjadi subjek yang baru-baru menjadi komentar di dunia.



Bonamana dan SJ Funky
Melalui twitter member menemukan cara yang sempurna untuk melakukan kekacauan bersama imajinasi penggemar tentang album baru mereka. Sungmin dan Shindong berkomentar tentang kemungkinan konsep baru Super Junior, yang bertaruh kalau itu didasarkan pada sesuatu yang berbau “vampire”, mengikuti tren yang dimulai dengan film saga “Twilight”.

Terpisah dari rumor, bulan Mei semua spekulasi tentang vampir dan sejenisnya terlempar ketika Super Junior membuat comeback mereka dengan album baru “Miina (BONAMANA”, yang juga dirilis dalam dua versi.

Untuk album baru, member Super Junior melewati perubahan lain. Setelah menangkap penggemar dengan gaya elegan di “Sorry Sorry”, menggunakan setelan dan pakaian dengan sangat hati-hati , di “Bonamana” mereka melepaskan gambaran tersebut untuk menunjukkan kalau mereka memiliki bentuk tubuh yang baik dan sangat bagus.

Album tersebut dipersembahkan SM Entertainment sebagai album dengan ritme eksklusif, SJ Funky, yang memberikan kelanjutan untuk Sorry Sorry dengan dentaman kuat yang menyerupai ritma Afrika dalam track lagunya. Lagu lainnya dalam album merupakan campuran ballad R&B yang memberikan tekanan pada vocal trio dalam grup, Yesung dan Kyuhyun dengan duet dalam “Your eyes”, Ryeowook memberikan arti manis dalam “One Spring Day”, solo pertamanya dalam Super Junior, ketiganya juga menyatu dalam “Coagulation”.

Selain ballad, album keempat juga menularkan dengan membawa “Shake It Up”, dan juga lagu yang enak untuk dance “Good Person”dan “Here We Go”, yang banyak dipercaya penggemar mendapatkan kembali persemabhan karakter pop ketika pertama kali Super Junior muncul.

Jika Sorry Sorry sudah memegang rekor penjualan dengan 30 ribu copy pada hari perilisannya, dengan Bonamana kesuksesan kembali diluluhlantakkan. Sebelum rilis, 200 ribu copy untuk pre-order sudah dicetak album ke empat ini di situs musik Korea. Dalam 5 hari, album terjual lebih dari 70 ribu copy pada saat itu, Super Junior mendominasi peringkat album paling banyak terjual, mengalahkan SNSD yang juga dari SM Entertainment yang berada diposisi dua dengan “OH”.

“Miinah (Bonamana)” juga diciptakan oleh Yoo Youngjin dan koreografinya berdasarkan gerakan ice-skating (olahraga populer di Korea Selatan), juga diciptakan oleh Nick Bass. Digabungkan dengan sikap Super Junior, yang lebih maskulin, lagu ini menceritakan tentang pria yang tidak menyia-nyiakan perjuangannya untuk menarik perhatian perempuan yang disukai.

Jika “Bonamana”  sukses untuk menunjukkan lebih jelas dan sisi pesona Super Junior, single yang selanjutnya membuat penggemar ingat sisi cute dan manis grup ini. Bulan Juni versi C dari “Bonamana” rilis, dan dengan lagu “No Other”. Dengan susunan musik yang lebih melodis dari terdahuu, Super Junior kembali ke panggung dengan gaya yang lebih lembut dan menyenangkan, menarik semua orang dengan senyuman dan lelucon mereka.

Dan dengan versi C, penggemar punya alasan lebih untuk tersenyum. Kangin yang rehat sejak Oktober 2009, kembali ikut rekaman dengan Super Junior. Lagu “A Short Journey” diciptakan dan ditulis oleh Eunhyuk dan Donghae. Di dalamnya, Kangin memberitahukan pada penggemar kalau dia akan memasuki sebuah perjalanan yang singkat, tapi akan membawa kasih sayang semua orang dalam hatinya. Alasan keberangkatan ini membingungkan, untuk menebus dirinya dari kesalahan yang dia buat sebelumnya, mencerminkan diri dan menjadi orang yang lebih baik, Kangin mengumumkan perdaftaran dirinya ke militer untuk memenuhi perintah layanan di Korea Selatan selama dua tahun. Kangin masuk militer dan secara resmi terdaftar pada Oktober 2009.

Pada versi repackage dari Bonamana juga terdapat “All My Heart”, lagu yang diciptakan Leeteuk dan henry (member subgroub SJM). Bisa dikatakan kalau album keempat menegaskan kedewasaan musikalitas Super Junior dan juga sebagai grup, sejak kebersamaan mereka dihabiskan untuk mengatasi masalah yang timbul dan meberikan yang terbaik dari diri mereka untuk tetap tersenyum dan memikat hati penggemarnya.




Siap untuk mendominasi sekali lagi – Super Show 3
Dengan kesuksesan perilisannya yang sekali lagi meninggalkan Super Junior pada posisi tertinggi berbagai tangga musik di negara-negara Asia, Super Junior siap untuk mendominasi Asia sekali lagi dengan tur Asia ketiga. Super Show 3, yang dimulai sekitar Agustus, akan melintasi 13 kota dengan 16 konser dan akan berakhir tahun 2011.

Pertunjukkan pertama, tampil di Seoul 13 dan 14 Agustus, selain menunjukkan bakat dan karakter, Super Junior berharap bisa membawa banyak tawa untuk publik dengan cover “Poker face” bersama Lady HeeHee (Heechul) dan “Single Ladies” bersama Shindong yang berdandan seperti Beyonce dan ditemani oleh Donghae dan Eunhyuk.

Pada acara pertunjukkan member juga tampil dengan menggunakan kostum sayur-sayuran untuk mengakhiri konser (sebelum encore) dan meninggalkan publik untuk mengikuti mereka, mungkin secara langsung, atau lewat internet, ada kepastian disana kalau tidak masalah dengan apapun yang mereka hadapi, Super Junior akan meninggalkan itu dibelakang ketika mereka naik ke atas panggung dan akan selalu membuat penggemarnya bahagia.

== tidak diterjemahkan karena menceritakan bagaimana perkembangan Super Junior di Brazil ==


Sub-grup Super Junior
Berdasarkan apa yang disampaikan Leeteuk, Super Junior bisa memiliki dunia-nya sendiri. Dengan banyak member, Super Junior membagi diri mereka sendiri ke dalam grup untuk menunjukkan bakat mereka dalam banyak gaya lain, di banyak negara.


Super Junior K.R.Y.
Super Junior KRY merupakan sub-grup pertama Super Junior dan dibentuk oleh tiga orang vokalis utama, Kyuhyun, Ryeowook dan Yesung. Mungkin sudah jelas, tapi nama KRY berasal dari inisial awal masing-masing member. Dari Yesung, KRY menerima nama ini karena mereka bernyanyi bertiga, dia ingin membuat orang-orang menangis ketika mendengarkan musik mereka.

Didedikasikan untuk khalayak yang lebih dewasa, KRY menyanyi sebagian besar ballad, dan sudah berpartisipasi dalam sountrack beberapa drama Korea. Debut resminya 5 November 2006 dengan lagu “The One I Love”.

Agustus tahun ini, KRY melakukan dua konser sukses di Tokyo, Jepang. Di atas panggung, KRY mempersembahkan lagu seperti “Dreaming of being a Hero”, “Step to Stop”dan bersama Donghae dan Sungmin mereka menyanyikan lagu Super Junior “H.I.T” dan “Mirror”.


Super Junior T
Bayangkan dirimu dan temanmu menari dan menari swing (salah satu aliran musik) dengan semangat, dimana ini masih menjadi hit di Amerika. Dengan ritma yang umumnya dipersembahkan untuk generasi yang lebih tua adalah apa yang sebenarnya Super Junior T lakukan di Korea Selatan tahun 2007. Sub-grup kedua Super Junior beranggotakan Leeteuk, Heechul, Kangin, Shindong, Sungmin dan Eunhyuk. Mereka debut Februari 2007 dengan “Rokkugo”, yang dengan cepat menjadi bestseller. Dengan gaya atraktif penuh warna, memadu-padankan setelan yang berkelap-kelip, mereka mampu mengekspresikan musih dan humor, dan menunjukkan kalau tidak ada masalah usia untuk menikmati trot dengan elemen yang lebih modern dan dengan rap ala Eunhyuk dan Shindong.

November 2008, Super Junior T merilis single “ROCK&GO”, merekam kembali lagu “Rokkugo” dalam versi Jepang, dengan berkolaborasi bersama duet “Moeyan”.

Setelah 3 tahun, Super Junior t lahir kembali di tur Asia Super junior yang sedang berlangsung, Super Show 3. Dengan lagu baru “Ttok Ttok Ttok” yang rilis online di berbagai website musik korea dan menjadi lagu resmi yang masuk dalam daftar tur Super Junior.



Super Junior Happy
Juni 2008, Super Junior membuat subgrup keempat. Dengan lagu santai dan menyenangkan yang bersamaan dengan musim panas, Super Junior Happy debut untuk memeriahkan suasana musim itu. terdiri dari Leeteuk (leader), yesung, kangin, Shindong, Sungmin dan Eunhyuk, mereka bernyanyi tentang masalah memiliki pacar yang tidak bisa memasak dengan “Cooking? Cooking!”, single yang juga merupakan judul minialbum mereka, rilis 5 mei tahun itu juga. Dengan tujuan untuk membawa kebahagiaan dan suasana santai bagi penggemar, Super Junior happy juga merilis “Pajama Party”.



Super Juior M
April 2008, SM Entertainment mengumumkan subgrup ketiga Super Junior yaitu Super Junior M, dibentuk untuk mempromosikan di pasar Cina dan negara lain yang menggunakan bahasa Mandarin seperti Taiwan, Singapur dan Hongkong. Dibawah kepemimpinan member dari Cina, Hangeng, SJ M beranggotakan Donghae, Siwon, Ryeowook dan Kyuhyun. Super Junior M juga memiliki 2 member yang berasal dari luar yaitu Henry (Kanada/ Taiwan) da Zhoumi (Cina). Mereka secara resmi debut pada 8 April tahun itu dengan merilis single U, versi mandarin dan bentuk gubahan dengan gaya dan ritme baru dari Super Junior yang pernah dirilis tahun 2006.

Album pertama grup ini “Me” rilis akhir April di beberapa provinsi di Cina dan Korea Selatan, dan pada 2 Mei untuk kota-kota lainnya. Tidak lama setelah rilis, pertunjukan perdana di beberapa tangga musik, dan setelah beberapa minggu sejak rilis, SJM tiba di posisi puncak di chart musik Cina, mendapatkan kemahsyuran di negara itu.

Tahun 2009, sibuk dengan popularitas utama grup karena “Sorry Sorry”, Super Junior M kembali untuk menguasai Mand-Pop dengan mini album oertama “Super Girl”. Hit sukses diciptakan Yoo youngjin dengan cukup singkat. SJM berada di posisi pertama peringkat musik Cina, Taiwan, Filipin, dan Thailand, tetap bertahan di posisi puncak untuk beberapa minggu.

Desember 2009, Hangeng mengajukan gugatan dengan SM Entertainmen, meninggalkan Super Junior, dan akibatnya, SJM. Ketika Super Junior mempromosikan album barunya, yang merupakan versi repackage dimana lagu yang dibuat Henry bersama Leeteuk, semua orang khawatir menunggu pengumuman tentang masa depan sub-grup ini. Sementara itu, Henry mengabdikan dirinya untuk belajar di Amerika, ketika Zhoumi mengabdikan dirinya untuk kegiatan individu di Cina dan korea Selatan.


EverLasting Friends – Super Junior dan ELF
Super Junior punya satu fan club yang paling berdedikasi dan hebat di Korea Selatan. EverLasting Friends (ELF) dibentuk Juni 2006 dan dibalik kesuksesan hebat Super Junior, tapi ada juga pusat kontroversi besar.

Ketika tahun 2007 Henry Lau membuat penampilan khusus dalam Don’t Don, fan club bersatu menentangnya. Dengan moto “Only13″, ELF ingin melindungi Henry agar tidak ditambahkan ke dalam grup, takut kalau Super Junior akan kembali mengalami pergantian dalam grup, melepaskan formasi asli.

Keadaan semakin memburuk ketika SM Entertainment mengumumkan kalau sub-grup ketiga akan dibuat, yang mungkin nantinya akan bernama Super Junior M. SJM akan fokus pada pasar Cina dan negara lain yang menggunakan bahasa Mandarin.

Selain lima member Korea, Hangeng (leader), Donghae, Siwon, Ryeowook dan Kyuhyun, diumumkan kalau Henry Lau dan Zhoumi akan ditambahkan ke dalam sub-grup.


ELF menentang pembentukan SJM dengan menekankan kalau akan ada penggemar setia Super Junior yang akan menjadi anti-fans. Dalam kurun waktu yang cukup lama, dengan tampil bersama Super Junior, member Super Junior M menjadi saksi ketegangan dan pertahan secara langsung terhadap member tambahan Henry dan Zhoumi.

Pada akhir konser pertama Super Junior pada tur Asia kedua, ketika ELF berteriak kalau mereka akan “melindungi 13 member”, Leeteuk meminta mereka untuk mengganti teriakannya menjadi “melindungi Super Junior”, yang menunjukkan kalau Henry dan Zhoumi, yang bukan bagian dari Super Junior, tapi mereka merupakan bagian dari keluarga yang dibentuk grup.

Ketegangan mereda, ELF melakukan segalanya maka Super Junior bisa diakui. Penggemar juga bersatu untuk melakukan donor darah di bawah nama grup untuk pasien Leukimia. Dan mereka juga membuat keguatan amal dibawah anam Super Junior.

Ketika lautan biru safir bersinar di konser, para member menunjukkan rasa terima kasih mereka terhadap penggemar yang selalu melakukan yang terbaik sehingga mereka bisa berada di posisi puncak.

Fan club international lebih fleksibel dan pada umumnya, menyayangi Henry dan Zhoumi, yang merupakan artis yang mengesankan. Smeua penggemar , pada dasarnya, bersatu dengan cinta untuk grup dan mencoba dengan keras untuk menunjukkan cinta mereka.



Selesaiiiii. Gimana, panjang? Capek bacanya? Yang nerjemahin aja nggak capek kok, hehe. Oiy, maaf kalo yang akhir-akhir bahasanya amburadul,tapi kalian tetep bisa ngerti kan? Karena panjang dan gue belum sempet cek ulang, bisa dipastikan ada typo, maaf yaa.




Credits:
Article by Lilian Fernandes (chris @ HatoBrazil.com | | funchris @ SJ-World.net)
Translation to English by Carolina Barbosa (purinchun @ Twitter / HatoBrazil.com | | ??~ @ SJ-World.net)
Shared:www.facebook.com/EastSEa



Artikel Terkait:

0 komentar:

Poskan Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Welcome ^^

 

My Zone :) Design by Insight © 2009