Kamis, 29 Desember 2011

Berkenalan Dengan Fandom K-Pop!

Perkembangan musik K-Pop yang semakin merajalela di dunia ini, ternyata juga membuat Indonesia terkena imbasnya. Setelah ‘serbuan’ K-Drama sejak tahun 2000-an, kini boyband/girlband/penyanyi asal negeri ginseng tersebut sudah tidak asing di telinga sebagian penggemar musik Indonesia. Bahkan, meski kita bukanlah penggemar K-Pop. Nama-nama seperti Super Junior ,TVXQ atau SNSD bukanlah hal yang asing kembali.
Perkembangan pesat musik K-Pop itu juga membuat tumbuhnya fandom (fans kingdom) bagi idola mereka. Sudah jadi satu hal yang pasti jika idola pasti memiliki fans. Begitu juga dengan para Hallyu Stars tersebut. (Hallyu: dunia hiburan Korea, red). Yuk, kita berkenalan dengan beberapa fandom-fandom K-Pop tersebut!


Gold Medal ELF for Super Junior foto: dkpopnews.net 

1. Super Junior – ELF (Ever Lasting Friends) – warna pearl sapphire blue
Karena jumlah total member mereka adalah 15 orang, ini tidak mengherankan jika setiap anggota Super Junior memiliki nama fans mereka sendiri. Hal ini yang akhirnya membuat member boyband/girlband lain memiliki nama fans masing-masing juga.
Salah satu sub unit Super Junior yakni Super Junior M memiliki fans bernama Flawless.
2. Dong Bang Shin Ki (DBSK)/ TVXQ- Cassiopeia – warna pearl red
Cassiopeia adalah gugusan bintang yang terdiri dari 5 bintang utama, sama seperti jumlah total DBSK, 5 personil. Pada tahun 2008 dan 2009 mereka masuk Guinness sebagai fans terbesar di dunia dengan jumlah terdaftar 800.000.
3. SHINee – SHINee World/Shawol – warna pearl aqua
Diambil dari nama album pertama SHINee yang berjudul The SHINee World, karena terlalu panjang penyebutannya disingkat menjadi Shawol. SHINee World juga berarti area SHINee yang dipenuhi semangat.
4. Big Bang – VIP
VIP berarti Very Important Person. Lagu kedua mereka, “La La La” juga diasosiasikan sebagai “Big Bang is V.I.P.” Tidak ada warna resmi namun banner dan lightstick Big Bang biasanya kuning dan hitam.
5. 2PM – Hottest
2PM adalah waktu terpanas dalam satu hari.
6.  SS501 – Triple S
SS dalam SS501 berarti Super Star. Tambahan “S” untuk kata Supporter.
7. 2AM – I AM
2PM + 2AM = Satu hari. Letakkan kedua nama tersebut dan akan terbaca “I AM HOTTEST.”
8.  FT Island – Primadonna
Sesuai dengan lagu di album pertama mereka. Bendera kuning yang kerap dibawa fans disebut Pentasticks.
9.  So Nyeo Shi Dae (SNSD) /Girls Generation – Sone
Cara baca SONE yaitu Sowon yang berarti harapan/permintaan, dan merupakan lagu yang ada di album pertama mereka dan judul lagu “Tell Me Your Wish.” Tapi itu juga punya arti yang mendalam. Sowon dilafalkan “So One” memiliki arti bahwa Girls’ Generation akan selalu satu dengan fans mereka.
10. Wonder Girls – Wonderful
Fans yang penuh dengan kekaguman pada Wonder Girls.
11.  2NE1 – Blackjack
21 adalah angka tertinggi yang bisa diraih seseorang saat bermain Blackjack.
12. CN.Blue – Boice (Blue of Voice)
Kombinasi dari “Blue” dan “Voice.” penjelasan dari FNC Music menegaskan bahwa fans C.N.Blue adalah suara mereka . C.N. Blue = Music / Fans = Voice.
13. B2ST – B2uty/B2stly
Beauty & The Beast
14. After School – Play Girlz
Pledis meminta saran dari fans. Mereka memilih nama ini dari 300 nama karena mereka merasa ini adalah keinginan semua fans dan ini juga nama dari salah satu lagu di mini album mereka.
15. U Kiss – Kiss Me
Sangat jelas dan unik, jika U-Kiss bertanya “Siapa yang harus kucium?” para fans akan berteriak “Kiss ME!” Terlihat cocok, U-Kiss / Kiss Me.
16. MBLAQ – A+
Semua anggoa MBLAQ bergolongan darah A, dan tanda + datang dari arti nama mereka yaitu Music Boys Live in Absolute Quality. “Absolute Quality” adalah A+.
17. Miss A – Say A
Nama ini diumumkan oleh Miss A melalui video yang di post di kafe daum mereka dengan harapan fans akan berteriak “Say A” saat mereka tampil.
18. BoA – Jumping BoA
Dari ide bahwa musik BoA membuat fansnya menari dan melompatlah yang melahirkan Jumping BoA.
19. T-Ara – Diadem
Banyak nama yang beredar, Diadem adalah yang populer tapi belum diakui resmi oleh Mnet.
20. KARA – Kamilia
Fans Kara dianggap keluarga. Gabungan Kara dan bahasa spanyol, Familia menjadi Kamilia.
21. f(x) – Aff(x)tion
Sejauh ini f(x) tidak memiliki nama fanclub resmi. Aff(x)tion adalah nama dari forum fans internasional tapi bukan nama resmi fanclub mereka. Balon yang dibagikan saat penampilan f(x) bewarna”periwinkle blue” (terlihat seperti lavender). Namun agensi SM tidak pernah secara resmi, mengumumkan warna tersebut namun bisa kita asumsikan dari warna balon tersebut.
22.Rain – Cloud
Fans Rain adalah awannya karena awan yang membawa Rain (hujan). Sangat sempurna.
23. Brown Eyed Girls (BEG) – Everlasting
Keempat anggota BEG bersatu untuk bersama dengan fans selamanya.
24. 4minute – 4 Nia
Ada kebingungan dengan warna resmi mereka karena kemiripan dengan S.E.S. semenjak itu belum ada lagi pengumuman mengenai warna mereka.
25. Se7en – Lucky Seven
Kepercayaan yang dipegang Se7en bahwa fansnya akan memberinya keberuntungan.
26. ZE:A – ZE:A’S / ZE:A STYLE
Merupakan satu dari 10 kandidat nama untuk fanclub dan dipilih secara voting melalui situs daum dan akhirnya ZE:A STYLE sbg pemenangnya.
27. Infinite – Inspirit
Woollim Entertainment mengadakan polling dan Inspirit menerima 70% dari total suara.
28. Teen Top – Andromeda
Tidak ada penjelasan resmi, tapi kita bisa asumsikan semenjak Andromeda adalah anak dari konstelasi bintang yang sudah disebutkan, Cassiopeia, mungkin itu ada hubungannya? karena Andromeda adalah putri dari Cassiopea. Jadi apakah Teen Top putri dari DBSK?
29. Sistar – Star1
Starship Entertainment mengadakan polling dan STAR1 menerima vote paling banyak.
30. Jay Park – Jaywalkers
Jay ingin fansnya memilih nama. Fans telah mengajukan beberapa nama dan terpilih 3 nama oleh jay. akhirnya, fans memilih nama Jaywalkers.
Nah, jadi apakah kalian sudah memilih masuk ke dalam fandom apa? terlepas dari perbedaan idola, kita tetap Indonesia dan tidak boleh saling menghina antar fandom.


Take it from : IniSajaMo



Artikel Terkait:

0 komentar:

Poskan Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Welcome ^^

 

My Zone :) Design by Insight © 2009